in , ,

Tokoh NU Kecam Sandiaga Gunakan Bendera NU Saat Kampanye

Sandiaga Uno Mengibarkan Bendera NU saat Kampanye Akbar di Lumajang, foto:wartabromo.com

Nahdlatul Ulama adalah organisasi yang eksklusif. Artinya tidak boleh ada orang yang mengatasnamakan NU hanya untuk kepentingan pribadi ataupun golongannya.

Organisasi Islam ini bukanlah sembarangan. Memang mempunyai umat yang besar. Tapi NU punya mekanisme sendiri.

Penyalahgunaan NU kali ini dilakukan oleh Sandiaga Uno. Dia yang tertarik dengan NU mengatasnamakan NU dalam kampanyenya.

Kritikan pun lahir dari tokoh NU yaitu penggunaan bendera NU oleh Sandiaga. Padahal terdapat beberapa tokoh pendukung Prabowo yang kerap menjelek-jelekan NU seperti Ferdinand dengan tweet soal infrastruktur akhirat, Nur Sugik dan Fadli Zon.

Sandiaga Uno mendapatkan kecaman lantaran mengibarkan bendera Nahdlatul Ulama (NU) saat kampanye di Lumajang Jawa Timur.

Ma’ruf Amin angkat bicara terkait hal tersebut. Dia mengatakan bendera NU tidak boleh dieksploitasi. Apalagi, Sandiaga yang menggunakan bendera bukan kader NU.

Ya sebenarnya dia tidak boleh. Dia mengeksploitasi NU. Apalagi bukan NU menggunakan. Itu akan ada gugatan dari kalangan NU.

Ma’ruf Amin mengatakan, PBNU bakal memberikan sikap keberatan yang sama dengan PCNU Lumajang yang mengecam tindakan tersebut.

Pasti PBNU akan bersikap yang sama. Ma’ruf Amin serahkan ke Lumajang saja.

Ma’ruf menyebut kader NU saja tidak bisa asal membawa bendera. “Jadi tidak menggunakan bendera, paling-paling ada oleh yang membawa jemaah. Tapi panitianya tidak pakai lambang NU.

Sebelumnya, PCNU Lumajang menyatakan kecewa dan keberatan atas pengibaran bendera NU dalam kampanye oleh Sandiaga.

PCNU menyampaikan lewat nota Nomor 209/PC/A.II/L.29/I/2019. Dalam nota tersebut, Sandiaga dianggap telah melakukan pelecehan.

Dari situ terlihat Sandiaga yang pragmatis dan mencari suara dengan membawa bendera NU. Padahal orang-orang di belakangnya kerap menghina NU. Kalau butuh saja bawa bendera, giliran beda posisi NU dihina-hina.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments