in , ,

Tebalkan Kemenangan, Jokowi-Ma’ruf Amin Unggul Jauh dibandingkan Prabowo-Sandi

Pasangan Calon Presiden 2019 Jokowi-Ma'ruf Amin vs Prabowo- Sandi, foto:tribunnews.com

Terhitung 3 minggu menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, beberapa lembaga survei kembali merilis temuan siginya. Hasilnya, jarak elektabilitas antara Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno masih terpaut jauh antara 18-20 persen.

Hal ini merujuk pada survei publik yang digelar oleh Charta Politika dan Vox Populi. Kedua lembaga sigi tersebut menggelar survei pada rentang 1-15 Maret 2019.

Charta Politika menemukan kecenderungan publik lebih memilih Jokowi-Maruf dibandingkan Prabowo Subianto. Tingkat keterpilihan pasangan nomor urut 01 itu sebesar 53,6 persen dan kubu 02 sebesar 35,4 persen.

Sedangkan sisanya sebanyak 11 persen responden menjawab tidak tahu/tidak menjawab dan selisihnya diantara keduanya mencapai 18,2 persen.

Menariknya, Dari segi wilayah, Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul di hampir semua wilayah, kecuali di wilayah Sumatera di mana Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul.

Survei ini dilaksanakan pada tanggal 1-9 Maret 2019. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 2.000 responden di 34 provinsi. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,19 % dan tingkat kepercayaan 95 %.

Sementara itu, lembaga survei Vox Populi juga merilis hasil yang senada. Menurut temuannya, pasangan Jokowi-Maruf Amin relatif masih unggul dibandingkan lawannya, Prabowo-Sandi.

Dari surveinya, elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf sebesar 54,1 persen, sementara elektabilitas Prabowo-Sandiaga 33,6 persen. Adapun jumlah responden yang memilih tidak tahu/tidak menjawab sebesar 12,3 persen. Dan, selisih diantara keduanya mencapai 20,5 persen.

Tingginya elektabilitas Jokowi ini bisa terjadi karena adanya tingkat kepuasan publik yang tinggi. Setidaknya ada 71,3 persen mengaku puas terhadap kinerja Pemerintahan Jokowi dan 28,7 persen yang tidak puas.

Dalam survei disebutkan ada sembilan indikator kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi. Sebanyak lima di antaranya tingkat kepuasan publik lebih dari 70 persen. Yang terbesar adalah soal pembangunan infrastruktur.

Survei Vox Populi ini digelar dari 5 hingga 15 Maret 2019 dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang mewakili 34 provinsi, dan memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen, serta margin of error sebesar 2,9 persen.

Dengan hasil survei seperti di atas, maka sudah terlihat jelas bahwasanya pasangan Jokowi-Maruf Amin memiliki peluang keterpilihan yang lebih besar dibandingkan Prabowo-Sandi pada 17 April 2019.

Atau dengan kata lain, Jokowi-Maruf lebih menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia dibandingkan Prabowo-Sandi.

Hasil ini juga semakin menegaskan bahwa keunggulan Jokowi-Maruf Amin itu adalah fakta. Sebab hampir semua lembaga survei yang eksis saat ini seluruhnya memenangkan Jokowi-Maruf Amin.

Hingga sekarang, tak ada satupun lembaga survei yang memenangkan pasangan nomor urut 02, sekalipun itu oleh lembaga survei yang memiliki afiliasi dengan mereka. Kecuali survei internal Prabowo-Sandi itu sendiri.

Obyektivitas itu teruji karena seluruh pengamatan menunjukkan hasil yang sama, yaitu Jokowi-Maruf Amin unggul dibandingkan Prabowo-Sandi. Diantara itu yang berbeda tinggal selisihnya saja yang berbeda.

Meski demikian, bagi para pendukung Jokowi-Maruf Amin saat ini bukanlah saatnya untuk bersantai. Politik itu mirip sepakbola, siapa yang lengah di menit akhir, tak menutup kemungkinan akan tersalip skornya.

Oleh karena itu, kerja-kerja pemenangan, baik di darat dan udara, harus tetap dilakukan dengan maksimal. Karena, diakui atau tidak, itu merupakan prasyarat untuk menjadikan Jokowi-Maruf Amin unggul dalam TPS pada 17 April mendatang.

Mari terus bekerja, karena hasil tak akan mengkhianati usaha.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments