in

Spekulasi Data Prabowo disetiap Pidato

Prabowo S, foto: faktanews, dok

Tim pemenangan, tim kampanye atau sejenisnya haruslah diperhatikan kualitasnya apalagi bagi Calon Presiden.

Untuk Calon Presiden Prabowo misalnya seperti tidak mempunyai tim handal dan memberikan data yang akurat. Alhasil Prabowo selalu mendapatkan data yang keliru. Mari kita bedah.

Prabowo Subianto, menegaskan jika Indonesia saat ini setingkat dengan sejumlah negara miskin di Benua Afrika.

“Kita (Indonesia) setingkat dengan negara miskin di Benua Afrika, ada Rwanda, Haiti dan pulau-pulau kecil Kiribati, yang kita tidak tahu letaknya di mana,” ujar Prabowo

Mantan Danjen Kopassus itu melanjutkan, jika dirinya sedih melihat kenyataan itu, karena kesalahan mengurus negara.

“Itu yang buat sedih, kan negara kita keempat terbesar di dunia dan keenam terkaya di dunia,” tuturnya meyakinkan jamaah.

Prabowo mengaku, ada banyak hal yang menjadi keprihatinannya, seperti hampir separuh masyarakat Indonesia masih berpenghasilan rata-rata Rp 30 ribu per hari dan kekayaan negara bawa keluar negeri.

“Hal itulah yang artinya membuat bangsa kita masih miskin, padahal sudah 73 tahun merdeka,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mencontohkan, banyaknya sumber energi yang terkandung di dalam bumi Indonesia, dikuasai asing dan diizinkan di ekspor dalam bentuk mentah.

“Misal alumina, bahan baku aluminium yang digunakan untuk membuat mobil dan sebagainya, diizinkan diekspor,” terang dia.

Pihak-pihak itu memakai orang Indonesia, untuk mengusai kekayaan bumi kita.”

Dia menambahkan jika, timnya memiliki banyak data terakait kesalahan mengurus negara, sehingga akan membagikan secara gratis pada masyarakat.

“Saya bawa data dan fakta, saya punya temuan, saya tidak ingin dituduh menghasut,” celetuknya.

“Saya akan ngomongin yang lain, negara kita berada di jalan yang keliru,” ucap dia mengawali sambutan.

Menurutnya dengan tata kelola yang salah, tidak akan mungkin membawa rakyat sejahtera.

“Kekayaan bangsa tidak tinggal di Indonesia, kita semakin lemah dan tidak kuat,” jelasnya berapi-api.

Prabowo Subianto, kembali menjadi sorotan. Sebelumnya, beberapa pidato Prabowo diketahui menuai sejumlah kritikan. Sebut saja pidatonya mengenai ‘Muka Boyolali’ dan juga ‘Indonesia Punah’.

Kali ini, Prabowo kembali menuai kritikan setelah salah menyebut lokasi Haiti berada di Benua Afrika.

Prabowo dalam pidatonya menyebutkan bahwa Indonesia masih setingkat dengan negara miskin di Benua Afrika seperti Ruanda, Haiti, dan pulau kecil lainnya.

1. Kata ‘Haiti’ jadi trending topic di Twitter

Mengetahui pernyataan Prabowo tersebut, banyak warganet melayangkan protes lantaran faktanya Haiti berada di Benua Amerika dan bukannya di Benua Afrika. Bahkan, kata ‘Haiti’ sempat menjadi trending topic di Twitter pada Selasa (25/12) malam.

Bahkan, tag dengan kata ‘Haiti’ tersebut bahkan sudah mencapai angka 13 ribu cuitan didalamnya.

2. Goenawan Mohamad mengkritik Prabowo

Twitter pun ramai dengan cuitan menanggapi soal ‘Haiti’. Banyak juga yang mengoreksi pidato Prabowo yang dinilai keliru. Mereka menyayangkan adanya kesalahan dalam menyebutkan Haiti sebagai negara yang berada di Benua Afrika. Salah satu kritikan pedas dilayangkan salah satu sastrawan Indonesia, Goenawan Mohamad.

“Prabowo bilang, Indonesia setara Haiti sebagai negara miskin. Coba cek Google: GNI per kepala Haiti 760 (2017). Indonesia 3.540 (2017). Untuk memenangi pemilu 2019, bohong rupanya halal,” tulisnya dalam akun @gm_gm.

3. Goenawan suruh Prabowo belajar peta bumi

Dilihat pada akun resminya, Goenawan juga mencuit menyuruh Ketua Umum Partai Gerindra itu untuk belajar peta bumi.

“Prabowo perlu belajar peta bumi: Haiti itu BUKAN di Afrika, tapi di Benua Amerika, di Karibea,” katanya.

4. Ada juga cuitan yang bela Prabowo

Selain itu, ada juga cuitan yang membela Prabowo. Cuitan itu dari pemilik akun Jack Separo Gendeng.

“Aku bukan pendukung Pak Prabowo atau siapa pun. Tapi intelektual yang nyinyirin kekeliruan Pak Prabowo bilang Haiti di Afrika, mestinya nyinyirin juga kalau Pak Jokowi keliru ini itu, walau intelektual itu pendukung Pak Jokowi. Itu baru intelektual. Atau fokus aja pada kelebihan jagoannya,” ucapnya.

5. Di mana Haiti itu?

Republik Haiti merupakan sebuah negara di Karibia yang meliputi bagian barat pulau Hispanola dan beberapa pulau kecil lainnya di Laut Karibia. Haiti juga merupakan negara kedua yang berhasil merdeka di Benua Amerika setelah Amerika Serikat. Gempa hebat yang memporak-porandakan Haiti pada tahun 2009 cukup memengaruhi ekonomi negara mereka. Namun, negara ini masih menjadi salah satu produsen gula terpenting di dunia.

Penting bagi Prabowo dan tim menyiapkan bahan pidato dengan dilengkapi data-data yang akurat. Pidato sejatinya bukan hanya berapi-api tapi juga memperhatikan substansi.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments