in , ,

Pesan Jokowi ke Relawan, “Optimis Boleh, Kendor Jangan!

Pesan Jokowi Kepada Relawannya Saat Berbicara di Acara Parahyangan Bersatu, foto: antaranews.com

Mendekati Hari-H Pemilihan Presiden, sejumlah lembaga survei merilis hasil survei tentang elektabilitas dua pasangan calon dalam Pilpres 2019. Dari hasil-hasil survei tersebut, pasangan Jokowi-Ma’ruf disebut lebih unggul dari paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Sejumlah lembaga yang telah merilis hasil surveinya adalah LSI Denny JA, PolMark Indonesia, Populi Center, Cyrus Network, Charta Politika, Media Survei Nasional, Y-Publica, Alvara Research Center, dan Indikator Politik Indonesia.

Di luar lembaga survei dalam negeri, pada akhir pekan lalu lembaga riset pasar yang berbasis di Australia, Roy Morgan, juga menampilkan hasil survei mereka sendiri. Dari semua hasil survei beberapa lembaga itu seluruhnya menunjukkan petahana lebih unggul dari Prabowo.

Menanggapi ini, Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo mengingatkan para relawan untuk tidak lengah dan terlalu percaya diri mendekati waktu Pilpres 2019. Hasil survei bisa dijadikan acuan, tetapi tidak mengendurkan semangat juang.

Jokowi juga meminta relawan untuk tetap bekerja keras selama beberapa hari ke depan sampai waktu pencoblosan pada 17 April mendatang.

“Waktu kita beberapa hari lagi, jangan lengah, jangan terlalu percaya diri. Kita harus tetap kerja keras,” kata Jokowi kepada Relawan Balad Jokowi dalam acara Parahyangan Bersatu, di Vila Istana Bunga, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (10/3).

Meski optimis, Jokowi juga mengarahkan para relawannya agar tidak menjelekkan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Kampanye harus tetap santun dan mengedepankan gagasan yang cerdas, bukan sebar hoaks dan fitnah, apalagi kampanye hitam.

Tetapi, Jokowi mengingatkan, jika ada fitnah maka sudah semestinya untuk dilawan.

“Tidak usah menjelek-jelekkan yang sebelah, tapi jangan sampai kita difitnah, dijelek-jelekkan. Enggak boleh. Kita harus lawan, kalau kita digitu-gitukan, harus dilawan. Dipikir kita takut,” kata Jokowi penuh percaya diri.

Apa yang disampaikan Jokowi ini benar adanya. Meski secara prinsip Jokowi-Amin mendapat simpati rakyat. Namun, bukan berarti lantas elemen-elemen pendukung Jokowi-Amin menganggap remeh lawan. Artinya, kemenangan Jokowi-Amin pada Pilpres 2019 di depan mata.

Untuk itu, seluruh kelompok pendukung Jokowi dan Maruf Amin harus tetap giat terjun ke masyarakat, agar semakin kuat bersatu demi mempertebal kemenangan Jokowi-Amin pada Pilpres 17 April 2019.

Hal ini bukan soal menang-kalah belaka, tetapi soal nasib anak-cucu kita ke depannya. Semuanya tentu demi harapan untuk menuntaskan visi Indonesia Maju.

Optimis boleh, kendor jangan! Bener kan?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments