in , , , ,

Percepatan Sertifikasi sebagai Capaian Positif Pemerintahan Jokowi yang Harus Diapresiasi

Jokowi saat Membagikan Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat, foto: edunews.id

Kebutuhan hidup pokok masyarakat terkait kepemilikan sandang pangan papan adalah kebutuhan dasar yang setidaknya perlu ada pada insan manusia. Bahkan kebutuhan pokok tersebut penting untuk menjadi perhatian khusus pemerintah.

Pemerintah sebagai agen pengayom masyarakat mempunyai peran penting dalam pengelolaan negara. Tujuannya tentu untuk kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah Indonesia dibawah tapuk kepemimpinpinan Jokowi mengerti betul akan kebutuhan masyarakatnya. Terutama terkait kepemilikan lahan.

Kebutuhan pokok masyarakat jika tidak terpenuhi tidak heran menimbulkan konflik yang berkepanjangan. Termasuk atas sengketa lahan yang banyak membuat salah paham.

Tugas pemerintahlah kemudian mengatur atas kepemilikan lahan tersebut. Atas kepemilikan lahan tersebut sertifikasi menjadi penting untuk menghindari kesalah pahaman dalam kepemilikan lahan.

Permasalahan yang sering di temui di seluruh daerah di tanah air adalah konflik tanah. Baik sengketa antar warga, antara warga dan perusahaan, atau antara warga dan negara. Hal ini akibat tidak adanya kepastian dan bukti hukum.

Jokowi, pada 2015 dari 126 juta bidang tanah di Indonesia baru 46 juta yang tersertifikasi. Sisa sekitar 80 juta bidang tanah itu, kata dia, penyebab sering terjadinya konflik tanah. Karena tidak pegang yang namanya hak bukti hukum atas tanah.

Atas dasar itu, Jokowi menuturkan pemerintah sejak 2015 telah gerak cepat dengan menerbitkan jutaan sertifikat. di periode pemerintahan sebelumnya setiap tahun pemerintah hanya memberikan sekitar 500 ribu sertifikat.

“Artinya perlu 160 tahun untuk sampai seluruh bidang tanah di Indonesia bersertifikat. Mau nunggu 160 tahun,” kata dia.

Pemerintah tanggap akan permasalahan kedepan yang akan dialami bangsa. Untuk mencegahnya kemudian Jokowi memberikan kepastian kepemilikan lahan.

Ini adalah Prestasi yang baik dari pemerintah. Bisa menyerap permasalahan kedepan untuk dilakukan pencegahan untuk masalah konflik berkepanjangan.

Apresiasi setinggi-tingginya perlu diberikan pada pemerintahan Jokowi. Proud of you

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments