in , ,

Menteri LHK Nilai Jokowi Sosok Hebat Berdasar Teori Wilayah

Jokowi & Siti Nurbaya Bakar, foto:poskotanews.com

Jokowi dalam pola kepemimpinannya menunjukkan kepekaan yang baik terhadap persoalan rakyat juga tegas dalam mengambil kebijakan tentunya untuk kepentingan rakyat. Secara pribadi Jokowi dikenal dengan sosok yang merakyat dan ikut turun tangan dalam permasalahan rakyat.

Kepribadian Jokowi yang demikian bukan lah tampil secara instan. Dalam kehidupan keseharian selalu rendah hati.

Kepeduliannya terhadap rakyat juga muncul pada saat menjadi Walikota Solo. Pada saat itu adalah masa-masa awal pengabdian diri kepada masyarakat disaat menjadi kepala daerah.

Terkait sosok Jokowi tersebut Menteri LHK mengomentari personal ketokohan berdasarkan disiplin ilmu yang diketahuinya.

Siti Nurbaya Bakar menilai, kebijakan pembangunan infrastuktur yang dilakukan Presiden Jokowi dalam empat tahun terakhir bertujuan untuk menunjang kemajuan seluruh provinsi di Tanah Air. Kebijakan tersebut juga juga dilakukan untuk ketahanan wilayah.

Kebijakan memprioritaskan pembangunan infrastruktur itu pun dinilai sebagai gambaran gaya kepemimpinan Jokowi yang sesuai dengan teori wilayah sebagaimana tertulis dalam buku Regional Planning : Introduction and Explanation karya Melville C Branch Praeger (1988).

Menurut Siti, pendekatan blusukan Jokowi yang dilakukan sejak menjabat sebagai wali kota, lalu gubernur, dan kini sebagai presiden merupakan aktualisasi kepemimpinan jokowi yang ditopang oleh teori wilayah.  Wilayah secara teori meliputi area, distrik, teritorial, daerah komando, tempat operasi, atau bisa juga berarti masa peradaban (lembah, sungai, dan lain lain-lain).

Oleh karena itu, infrastruktur yang  menjadi bagian penting agenda Jokowi dan dirangkum dalam buku  juga merupakan hal yang  secara teoritik memang harus dilakukan.

selain untuk memenuhi pembangunan wilayah, kebijakan infrastruktur sangat penting untuk semakin memperkuat ketahanan wilayah dan ketahanan nasional.

Terkait sosok Jokowi tersebut, terbitlah Buku karya Alberthiene Endah yang merupakan story telling tentang aktualisasi seorang anak manusia bernama Joko Widodo sejak kecil hingga kiprahnya saat ini dan juga mimpi-mimpi besar optimistik bangsa Indonesia ke depan.

Buku itu mengupas sosok Jokowi secara mendalam dan juga kinerja yang selama ini sudah dilakukan Presiden RI. Tujuannya tak lain agar masyarakat semakin memahami Jokowi dan bisa menularkan kebaikan Jokowi tersebut kepada orang lain secara obyektif.

dalam konteks kepemimpinan Jokowi, setidaknya secara intelektual bisa dilihat hal-hal yang relevan dengan keilmuan dalam kepemimpinan Presiden Jokowi. Ini jelas mempertegas bahwa pemimpin tidak bisa asal-asalan, harus cermat, dan memiliki landasan-landasan yang dibutuhkan untuk mendengar sensitivitas persoalan rakyat.

Dalam buku Jokowi Perjalanan Karya bagi Bangsa: Menuju Cahaya ini pandangan sangat prinsip dari Bapak Jokowi bahwa keadilan itu ialah sensitif terhadap persoalan rakyat. Dan itu sangat tepat dan relevan dengan prinsip-prinsip apa gunanya pemerintah untuk rakyat.

Siti mengungkapkan, sebagai anggota Kabinet Presiden Jokowi, dirinya menangkap cara kerja sehari-hari, juga hal-hal yang menjadi pemikiran Bapak Presiden termasuk kerja keseharian dalam berinteraksi dengan berbagai elemen bangsa.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments