in , ,

Kiai Ma’ruf Amin Menyerahkan Akta Yayasan dan ID Masjid Sebagai Upaya Jaga Aset Pesantren

KH. Ma'ruf Amin Menyerahkan Akta Yayasan Bagi Pesantren di Garut, foto:kompas.com

Yayasan dan Masjid adalah komponen pendidikan dan religiusitas yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Adanya Masjid bukan hanya tempat pendidikan, melainkan juga menjadi Sarana pendidikan.

Memperkuat adanya Yayasan dan Masjid ditengah kehidupan masyarakat menjadi lebih bermakna karena menumbuhkan jiwa kebersamaan dan keinginan berlomba dalam kebaikan.

Karena itu Yayasan dan Masjid harus kokoh mendukung aktivitas kebaikan yang mampu menunjang kegiatan masyarakat.

Ma’ruf Amin mengerti dengan hal ini. Dia memberikan pengukuhan atas Yayasan dan Masjid.

Dalam satu kesempatan Kiai Ma’ruf Amin menyerahkan akta yayasan dan ID Masjid.

Bahwa Pengukuhan atas dua hal itu penting untuk menjaga aset pesantren.

Ma’ruf menyerahkan secara simbolis akta yayasan 75 pesantren, dari 378 pesantren di wilayah Priangan Timur dan 150 ID masjid.

Penyerahan tersebut dilakukan dalam acara dialog antara Ma’ruf Amin dengan para pimpinan pondok pesantren kampung di Priangan timur Garut.

Program pembuatan akta yayasan bagi pesantren kampung dan ID masjid sendiri, selama ini menjadi salah satu program dari relawan pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin di wilayah Jawa Barat.

Ada legalisasi terhadap 75 pesantren yang sudah selesai. Ma’ruf menyerahkan secara simbolis akta yayasan 75 pesantren, dari 378 pesantren di wilayah Priangan Timur dan 150 ID masjid.

Penyerahan tersebut dilakukan dalam acara dialog antara Ma’ruf Amin dengan para pimpinan pondok pesantren kampung di Priangan timur Garut.

Ma’ruf Amin memang selalu peduli terhadap kegiatan keislaman masyarakat Salah satu bentuknya adalah membantu pondok pesantren yang belum berbadan hukum.

Selain akta yayasan bagi pondok pesantren kampung, kedepan juga akan membantu para pengurus masjid mendapatkan ID masjid.

Saat ini, 150 masjid di wilayah Priangan Timur sudah selesai mendapatkan ID masjid.

Sementara, untuk program pemberdayaan ekonomi pihaknya juga memberdayakan warung-warung kecil dalam program warung pojok. Hingga saat ini, sudah ada 140 warung diberdayakan.

Ma’ruf Amin menyampaikan, akta yayasan bagi pesantren sangat penting bagi pesantren untuk bisa mengamankan aset-aset pesantren yang banyak tanahnya tanah wakaf atau hibah.

program seperti itu akan diperkuat di era Jokowi-Ma’ruf Amin ke depannya. Hal ini menunjukan Kiai Ma’ruf yang berpihak kepada pesantren dan umat Islam.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments