in , ,

Keberpihakkan Jokowi pada Usaha Rakyat

Jokowi & Usaha Rakyat, Foto:daulat.co

Indonesia kini sedang bangkitkan ekonomi sebagaimana dulu pernah di canangkan pendiri bangsa. Ekonomi rakyat kini merambah naik dengan program pemerintah Jokowi.

Jokowi memahami betul kondisi ekonomi bangsa. Ekonomi bangsa harus bediri dibawah kaki sendiri.

Selama ini masyarakat kita mengandalkan pekerjaan yang menjadi rutinitas. Padahal untuk membangkitkan ekonomi masyarakat juga butuh berwirausaha.

Kondisi inilah yang kemudian cepat ditanggapi oleh Jokowi. Jokowi merespon kondisi tersebut dengan meluncurkan program untuk kemandirian ekonomi.

Program ini jelas saja mendukung perkonomian keluarga-keluarga Indonesia. Bahkan khususnya untuk Ibu-ibu agar lebih terampil dan tidak hanya terkesan hanya bisa mengurus dapur.

Ada dua program yang diluncurkan oleh Jokowi mampu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Pertama, Pemodalan Nasional Madani (PNM) Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

PNM Mekaar merupakan program pemerintah yang digulirkan sejak tahun 2015. tahun 2018, jumlah ibu-ibu prasejahtera yang disasar program ini adalah sebanyak 4.057.000. Setiap peserta program menerima bantuan modal sebesar Rp 2 juta.

Jumlah tersebut tentu saja akan menaikan taraf ekonomi dengan sangat baik. Apalagi dengan prosesnya yang mudah membuat orang bisa memanfaatkan program tersebut.

Jika Lulus dari PNM tersebut ibu-ibu penerima PNM Mekaar akan berkembang, omzetnya juga pasti melesat naik. Jika demikian, ibu-ibu tersebut tidak lagi masuk ke kategori penerima PNM karena kapasitas ekonominya sudah besar.

Kedua, Kredit pembiayaan ultra mikro (UMI) yaitu program bantuan pembiayaan yang dianggarkan pemerintah bagi para pelaku usaha kecil. Maksimal pinjamannya sebesar Rp 10 juta per usaha. Program ini di khususkan untuk masyarakat yang sudah memulai usahanya.

program ini tentunya menjadi sistem kredit yang sangat membantu para pedagang kecil di pasar yang membutuhkan bantuan pembiayaan berkisar hingga Rp 10 juta. Sejak digulirkan sejak 2017, program ini dinilai cukup sukses membantu pedagang maupun koperasi menjalankan usahanya.

Jika kendala usaha dan bisnis adalah permodalan, pemerintah sudah menjawab kebutuhan tersebut. Pemerintah menawarkan program yang memang menjadi kebutuhan pengusaha kecil.

Melalui dua kredit itu, Jokowi berikhtiar mengentaskan rumah tangga miskin agar mandiri dan lepas dari kemiskinan. Bantuan seperti ini akan mendidik dan memberikan harkat martabat kepada penerimanaya.

Kemandirian ekonomi masyarakat menjadi tujuan Jokowi pada saat meluncurkan program tersebut.

dua kebijakan itu sebagai wujud keberpihakkan Jokowi pada usaha rakyat dan ibu-ibu. Jadi masyarakat bisa menilai Calon Presiden mana yang benar berpihak pada pasar dan kemandirian ekonomi

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments