in , , ,

Jokowi: Dari Masa Lalu yang Susah menuju Kebijakan yang Berpihak

Pidato Jokowi di Acara Konvensi Rakyat Optimis Indonesia Maju, foto: detik.com

Pengalaman hidup adalah pelajaran yang berharga. Pun begitu bagi Joko Widodo.

Masa kecilnya yang ‘susah’ dulu telah menginspirasi sejumlah kebijakannya hari ini. Semangatnya sederhana saja, Presiden tak ingin apa yang dialaminya dulu terjadi lagi kepada anak-anak Indonesia hari ini.

Hal tersebut diungkapnya dalam Konvensi Rakyat Indonesia Maju di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2/2019) malam.

Seperti dikatakannya sendiri, calon presiden nomor urut 01 itu telah menjalani pengalaman hidup masa lalu yang sulit.

Kehidupan Jokowi kecil pernah dihabiskan di tepi Sungai Kalianyar, Solo. Mereka sempat digusur dan ia terpaksa harus tinggal menumpang di rumah saudaranya, hingga akhirnya mendapat kontrakan di dekat lokasi tempat tinggal sebelumnya.

Sang ayah dahulunya pernah berprofesi sebagai penjual bambu dan kayu di Pasar Gilingan, Surakarta. Demi memenuhi kebutuhan rumah tangga, ayahanda Jokowi juga pernah menyambi sebagai sopir.

Seluruh pengalaman kelam itu menuntun Jokowi untuk merumuskan kebijakan yang berpihak kepada rakyat. Ia tak ingin masyarakat Indonesia mengalami apa yang ia alami dahulu.

“Seluruh pengalaman itu telah mengukuhkan tekad saya agar rakyat Indonesia tidak mengalami kesulitan seperti yang saya alami,” ujar Jokowi.

Mantan Walikota Solo ini mengatakan, keluarganya dahulu dihantui ketakutan tidak dapat berobat. Sebab, biaya pengobatan cukup tinggi. Ketakutan lain, yakni tidak bisa meneruskan pendidikan hingga tinggi.

Oleh sebab itu, pada 4,5 tahun pemerintahannya ini, Jokowi terus mendorong percepatan pembagian program jaminan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat miskin. Dua hal tersebut adalah kebutuhan mendasar bagi masyarakat.

Perlu diketahui, pemerintahan Jokowi-JK hari ini telah membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 18,7 juta siswa. Selain itu ada 20.000 anak muda terbaik yang diberikan beasiswa bersekolah di luar negeri.

“Itu semua untuk membuktikan bahwa kita tidak mau ada satupun anak di Indonesia tidak bisa meraih cita-citanya hanya karena terhalang kemiskinan. Tidak,” ujar Jokowi.

Jaminan kesehatan juga demikian. Pemerintah sudah membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada 92,4 juta jiwa penduduk miskin. Dengan demikian, mereka tidak tambah jatuh miskin apabila ada salah satu anggota keluarganya jatuh sakit.

“Sekarang, kita tidak lagi mengenal istilah, orang miskin dilarang sakit. Semua rakyat Indonesia harus memperoleh layanan kesehatan,” ujar Jokowi.

Langkah di atas akan dilanjutkan bila Jokowi terpilih lagi pada 17 April nanti. Ia telah merumuskan 3 program kartu baru untuk rakyat Indonesia. Ketiga kartu tersebut antara lain, Kartu Prakerja, Kartu Indonesia Pintar (KIP) hingga kuliah dan Kartu Sembako.

Kartu sembako merupakan program yang diperuntukkan bagi rakyat berpenghasilan rendah agar mereka memiliki keterjangkauan untuk membeli sembako dengan murah.

Jokowi ingin agar masyarakat yang berpenghasilan rendah bisa memiliki keterjangkauan untuk membeli sembako murah. Selain itu, rakyat berpenghasilan rendah diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasarnya tanpa harus dibebani dengan harga sembako yang tidak terjangkau.

Kemudian KIP Kuliah merupakan program kelanjutan KIP sebelumnya yang menjadi andalan Jokowi. KIP merupakan program pelajar dengan wajib belajar 9 tahun.

Di periode kedua nanti, pemerintahan Jokowi-Maruf akan menambahkan dengan pemberian bantuan pembiayaan bagi mereka yang hendak melanjutkan ke bangku kuliah. Program ini ditujukan agar rakyat Indonesia dapat menyelesaikan pendidikan tingginya tanpa harus takut dengan biaya.

Sementara itu Kartu Pra-Kerja merupakan program pelatihan bagi masyarakat yang belum memiliki skill dan keterampilan di dunia kerja. Nantinya mereka akan dilatih dan dibina agar lebih mumpuni.

Program di atas hadir dari sejumlah aspirasi dan masukan masyarakat. Juga memperhatikan kebutuhan rakyat saat ini.

Semoga dengan adanya tambahan program di atas, visi Indonesia Maju dapat segera terealisasi. Kita akan terus mendukung itu.vensi

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments