in , ,

Dibandingkan Prabowo, Seperti Apa Prestasi Kerja Sri Mulyani?

Prabowo & Sri Mulyani, foto:inilah.com

Baru-baru ini, Prabowo Subianto kembali melontarkan pernyataan yang tendensius menyerang jajaran pemerintahan Presiden Joko Widodo. Calon presiden nomor urut 02 itu awalnya menyinggung perihal utang pemerintah yang terus menumpuk, hingga memberi ungkapan ‘nyinyir’ kepada Menteri Keuangan.

“Kalau menurut saya, jangan disebut lagi-lah ada Menteri Keuangan, mungkin Menteri Pencetak Utang. Bangga untuk utang, yang suruh bayar orang lain,” ujar Prabowo dalam acara dukungan alumni perguruan tinggi di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini, Jakarta Timur, Sabtu (26/1).

Sontak pernyataan Prabowo itu memancing respon dari banyak kalangan. Sebagian besar mempertanyakan etika Prabowo yang menyampaikan perkataan ‘kasar’ seperti itu.

Bagaimanapun adanya jabatan Menteri Keuangan adalah amanat Undang-Undang, tugas pokok dan fungsinya pun telah diamanatkan oleh peraturan tertulis negara tersebut. Jadi tidak bisa Prabowo menghina dengan mengganti nama institusi dengan seenak ‘udele dewe’ begitu.

Apalagi yang diremehkan adalah seorang Sri Mulyani Indrawati. Menteri keuangan perempuan Indonesia yang tak hanya fasih mengatur keuangan negara, tetapi juga memiliki segudang prestasi internasional.

Menurut penelusuran CNBC Indonesia, terdapat beberapa prestasi Sri Mulyani di tingkat dunia yang tak bisa dianggap remeh oleh siapapun. Prestasi ini menjadi bukti integritas dan kepabilitas seorang Menteri Keuangan Indonesia.

Pertama, Sri Mulyani pernah dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Tahun 2018 versi majalah Global Markets, sebuah majalah berita terkemuka di bidang pasar ekonomi internasional.

Majalah ini selama 30 tahun terakhir telah menjadi salah satu acuan bagi para pelaku dan institusi di sektor ekonomi dan keuangan internasional. Penghargaan ini diberikan di tengah Pertemuan Tahunan IMF-WBG Bali 2018.

Anugerah Finance Minister of the Year, East Asia Pacific ini diberikan atas kiprah Sri Mulyani yang dianggap mampu mempertahankan reputasi keuangan Indonesia ditengah kondisi yang lebih menantang. Kebijakan Menkeu Sri Mulyani dianggap kredibel dan efektif.

Kedua, Sri Mulyani menerima pengakuan sebagai menteri terbaik di dunia dalam acara World Goverment Summit di Dubai, Uni Emirates Arab. Penghargaan tersebut diserahkan oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

World Government Summit merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan di Dubai, UAE, dan melibatkan segenap pemimpin pemerintahan dari seluruh dunia dalam suatu forum dialog global tentang proses pemerintahan dan kebijakan publik serta kaitannya dengan teknologi, inovasi, dan topik lain.

Ketiga, Sri Mulyani juga dinobatkan sebagai Menkeu Terbaik di Asia Pasifik Tahun 2018 versi majalah keuangan, FinanceAsia. Penghargaan ini sebelumnya juga telah diterima Sri Mulyani tahun lalu.

Dikutip dari situs Kemenkeu.go.id, Sri Mulyani berhasil menyabet gelar tersebut karena berhasil membawa perkonomian Indonesia ke arah yang lebih baik. Menteri Sri Mulyani juga dianggap berhasil memanfaatkan kesempatan kemajuan ekonomi global untuk mereformasi struktur keuangan pada 2017, sehingga dapat bertahan saat terjadi kenaikan suku bunga di Amerika Serikat.

Keempat, baru-baru ini Sri Mulyani kembali dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik dari majalah keuangan The Banker yang dimiliki oleh Financial Times.

Dari publikasi resminya, The Banker menggarisbawahi kemampuan Indonesia yang tahan banting di bawah arahan Sri Mulyani, meskipun negara ini mengalami berbagai tragedi di 2018, seperti gempa bumi di Lombok yang menyebabkan kerugian infrastruktur sekitar Rp 5 triliun.

Kelima, Majalah Forbes pernah merilis daftar perempuan paling berpengaruh di dunia. Dalam daftar itu, Sri Mulyani masuk jajaran 100 wanita paling berpengaruh dengan menduduki peringkat ke-78.

Ditulis Forbes, Sri Mulyani kembali ke perannya sebagai menteri keuangan untuk Indonesia setelah menjabat sebagai direktur pelaksana dan COO Bank Dunia. Sebagai menteri keuangan, ia meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi pajak yang diperluas dengan layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Keenam, Sri Mulyani juga pernah menerima penghargaan Menteri Terbaik yang bergengsi di KTT Pemerintah Dunia atas upayanya untuk mengimplementasikan reformasi.

Saat berada di Bank Dunia, ia menggunakan platformnya untuk mempromosikan kesetaraan gender. Sri Mulyani menjabat sebagai menteri keuangan Indonesia dari 2005 hingga 2010, membantu memandu transisi negara dari otokrasi ke demokrasi.

Dari deretan prestasi itu, kita bisa mengetahui bahwa Sri Mulyani adalah sosok yang berprestasi tingkat dunia. Publik internasional telah mengakui kredibilitas dan integritas Menteri Keuangan Indonesia tersebut.

Lantas, bila dibandingkan dengan Prabowo, tentu saja, tidak ada apa-apanya. Karena hingga kini publik tak pernah menemukan satu pun prestasi yang membanggakan dari diri mantan Danjen Kopassus itu di ranah masyarakat sipil.

Pernyataan Prabowo itu mewakili gerombolannya yang banyak berbicara, tetapi minim prestasi kerja.

Berbeda dengan Sri Mulyani dan tim kerja Jokowi lainnya. Mereka adalah orang-orang berkompeten yang lebih senang bekerja nyata, dibandingkan hanya menjual wacana.

Sekarang kamu bisa melihat perbedaannya, bukan?

What do you think?

-1 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments