in , , ,

Dana Desa, Hasil Kerja Nyata Jokowi yang Diamini Prabowo

Jokowi saat Menyampaikan Pandangannya Dalam Debat Capres Kedua, Foto: antaranews.com

Debat jilid kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 benar-benar menjadi panggung Joko Widodo. Sebagai petahana, Jokowi mampu menunjukkan hasil kerjanya, sekaligus ‘membanting’ lawannya, Prabowo Subianto, hingga dia mengakui segala capaian yang ditorehkan pemerintah.

Salah satu capaian kerja yang dipamerkan oleh Jokowi itu adalah soal dana desa. Program ini, diakui atau tidak, memang telah membawa perubahan positif di desa-desa di seluruh Indonesia.

“Visi kami adalah Indonesia maju,” ujar Jokowi mengawali paparan visinya.

“Soal infrastruktur, kita tahu dalam tiga tahun ini kita sudah menggelontorkan Rp 187 triliun dana desa. Yang kita dapatkan adalah telah dibangun 191.000 kilometer jalan di desa, ini jalan produksi yang sangat bermanfaat bagi para petani,” jelasnya.

Jokowi menyatakan dana desa yang disalurkan pemerintah itu sangat membantu pembangunan beragam infrastruktur yang sangat dibutuhkan untuk pengembangan aktivitas produktif di pedesaan.

Pembangunan jalan raya melalui dana desa tersebut adalah jalan produksi yang bermanfaat bagi warga di daerah-daerah kawasan pedesaan. Sedangkan bagi para petani, lanjutnya, telah ada sebanyak 58.000 unit irigasi yang dibangun dengan menggunakan dana desa tersebut.

Cek Fakta, Dana Desa Sejahterakan Orang Desa

Apa yang diungkapkan Jokowi pada Debat Kedua Pilpres itu memang benar adanya. Pemerintahannya dalam 4 tahun terakhir memang menggelontorkan dana yang tak sedikit untuk mengakselerasi pembangunan di pedesaan.

Berdasarkan data dari situs resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), alokasi dana desa pada tahun 2018 sebesar Rp 60 triliun. Sementara, pada 2017, pemerintah menggelontorkan sebesar Rp 60 triliun.

Pada 2016 lalu, sebesar Rp 46,98 triliun digelontorkan untuk dana desa. Kemudian, pada 2015, pemerintah menganggarkan sebesar Rp 20,7 triliun. Dengan demikian, total dana desa yang dialokasikan pemerintah sebesar Rp 187,68 triliun selama empat tahun

Melihat data itu, maka kita bisa mengetahui bahwa kecenderungan alokasi anggaran dana desa terus meningkat tiap tahunnya. Hal itu diharapkan membawa kemajuan dan perbaikan kehidupan di pedesaan.

Selain soal jalan, menurut catatan Kemenkeu, dana desa juga telah digunakan untuk membangun pos pelayanan terpadu (posyandu) sebanyak 24.000 unit, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebanyak 50.000 unit, dan sebanyak 8.900.pasar desa

“Pasar desa itu penting sehingga produk-produk petani, produk-produk nelayan bisa masuk kesana, bisa dijual baik ke kota, baik juga kepada konsumen langsung,” jelas Presiden.

Selain itu, juga telah dibangun 58.000 irigasi dan 4.100 embung dari Dana Desa.

“Artinya, dana ini betul-betul menetas dipakai oleh desa itu, netes. Sehingga kalau tadi Pak Bupati menyampaikan ditambah juga dari kabupaten ya layak,” ujarnya.

Selain soal capaian infrastruktur, dana desa juga membawa dampak pada pengurangan penduduk miskin, khususnya di pedesaan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat persentase angka kemiskinan per September 2018 kembali mengalami penurunan menjadi 9,66% dari posisi Maret sebesar 9,82%.

Jika dilihat angkanya, maka jumlah orang miskin di Indonesia menjadi 25,67 juta orang. Angka itu turun drastis bila dibandingkan 4 tahun lalu, dimana mencapai 10,96% atau sekitar 27,73 juta jiwa.

Tak hanya itu, tingkat kesejahteraan hidup petani selama empat tahun terakhir (2015-2019) juga terus membaik dan memuaskan. Hal itu bisa dilihat dari nilai tukar petani (NTP) antara tahun 2015-Januari 2019 yang lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Perbaikan kesejahteraan petani itu didorong oleh beberapa faktor, diantaranya, pertama, aspek hulu dan on farm yang harus melakukan akselerasi peningkatan produksi dan kualitas produk.

Kedua, aspek hilir, di sini pemerintah melakukan perbaikan pengolahan hasil pertanian, pengaturan tata niaga dan pengendalian impor serta mendorong ekspor. Beberapa aspek tersebut sangat terkait dengan realisasi dana desa di tingkat desa.

Menengok pemaparan data tersebut, maka sudah tepat apa yang disampaikan oleh calon presiden nomor urut 01, Jokowi, mengenai keberhasilan dana desa. Program ini telah membawa perubaahan positif di pedesaan.

Ya, itulah hasil kerja nyata yang tak bisa dibantah oleh Prabowo sedikit pun. Karena memang seperti itu kenyataannya.Dana

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments