in , ,

Bantah Ucapan Prabowo, Ma’ruf Sebut Indonesia Negara Muslim Terhormat

KH. Ma'ruf Amin, foto:jatim.suara.com

Menjadi Negara adidaya bukanlah hal yang mustahil bagi Negara Indonesia. Indonesia mempunyai potensi yang sangat bagus untuk menjadi negara adidaya.

Potensi baik Sumber daya alam maupun sumber daya manusia sangat mempuni dalam mengahadapi era kontemporer yang sangat dinamis.

Dengan potensi tersebutlah harus nya masyarakat berbangga dan optimis menatap masa depan bangsa. Termasuk bagi para tokoh bangsa harus mampu mengolah potensi yang sangat menguntungkan

Disisi lain Kiai Ma’ruf Amin menyatakan bahwa Indonesia justru sangat dihormati di dunia. Pernyataan itu sebagai tanggapan atas ucapan Prabowo di debat keempat bahwa Indonesia sangat lemah di dunia internasional.

Terdapat bukti-bukti kita memiliki peran penting di dunia, seperti menjadi DK PBB, berperan di Rohingya, terlibat mengadvokasi palestina, dan lain-lain.

Kiai Ma’ruf pun sangat optimis bangsa Indonesia atas peran Indonesia di dunia ke depan.

Indonesia dipercaya selalu mendapat penghormatan dari negara lain. Hal itu disampaikan calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin menanggapi pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto pada debat keempat pemilu 2019.

Menurut Ma’ruf, tidak benar bahwa Indonesia tak dihormati negara-negara lain. Buktinya, Indonesia saat ini dipercaya menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) periode 2019-2020.

Menurut Ma’ruf Amin Sekarang kan Indonesia menjadi anggota tidak tetap di Dewan Keamanan PBB. Kalau tidak dihormati kan, tidak dipilih.

Ma’ruf juga menyoroti peran diplomasi Indonesia dalam menciptakan perdamaian di dunia.

Menurutnya, kebijakan politik luar negeri Indonesia dalam mendukung perdamaian di Afghanistan telah dibuktikan dengan Pertemuan Trilateral Ulama di Bogor yang mempertemukan ulama-ulama dari Afghanistan, Pakistan dan Indonesia. pertemuan ulama tingkat dunia di Jeddah yang menghasilkan deklarasi dukungan bagi Afghanistan.

Ma’ruf juga menyinggung keaktifan Indonesia menangani konflik di Rakhine State, Myanmar. Karena keaktifan itu, Ma’ruf tidak setuju dengan pernyataan Prabowo yang menyebut Indonesia tak dihargai.

Prabowo menyebut Indonesia tidak dihormati lantaran memiliki hutang banyak, mata uangnya lemah, dan kerap mengimpor bahan pangan. Dia juga menyebut Indonesia kerap dipandang remeh wartawan asing yang bekerja di dalam negeri.

Ma’ruf Amin tidak setuju jika Indonesia disebut tidak begitu dihormati oleh negara lain. Hal ini untuk menanggapi calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang menyatakan demikian dalam debat keempat.

Ma’ruf mengatakan salah satu bukti Indonesia dihormati adalah keanggotaannya dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Sekarang kan Indonesia menjadi anggota tak tetap di Dewan Keamanan PBB. Kalau tidak dihormati kan tidak juga dipilih.

Ma’ruf juga mengingatkan Indonesia sering diminta menjadi mediator dalam konflik-konflik di negara lain salah satunya di Afganistan.

Sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia, Ma’ruf pernah diminta Jokowi untuk melakukan pertemuan dengan kelompok ulama untuk menghilangkan perseteruan itu.

Sebelumnya dalam debat, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan bahwa Indonesia sebenarnya tidak dihormati oleh negara asing.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments